PUSPIPTEK

Audiensi dan Inisiasi Kerjasama Riset dan Inovasi antara PR SPBPDH  BRIN dengan Pemda  Kabupaten Semarang

Semarang, 17 November 2022Kegiatan audiensi dan penjajakan kerjasama riset dan inovasi antara PR SPBPDH  BRIN dengan Pemda Semarang dilakukan pada Tanggal 17 November 2022, di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Semarang. Dalam kesempatan ini hadir Bupati Kab Semarang H Ngesti Nugraha SH. MH., didampingi  Dewan Riset Daerah Kab Semarang, Kepala Barenlitbangda, Deperindag, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup serta beberapa Kelapa Desa. Hadir pula Staf Ahli Dewan Pengarah BRIN Surat Indrijarso Msc. Ph.D, Kepala Pusat Riset Teknologi Kekuatan  dan Struktur, Dr. Mahfudz Al Huda, M. Eng. yang mewakili Kepala Organisasi Riset Energi dan  Manufaktur, Kepala Pusat Riset SPBPDH Nugroho Adi Sasongko, Ph.D, IPU, Tim Periset Kelris 12 yang diketuai oleh Dr. Forita Dyah Arianti.

Bupati Semarang, H Ngesti Nugraha sangat mengapresiasi atas  kesediaan  peneliti BRIN untuk melakukan audiensi ke Kabupaten Semarang dengan harapan dapat membantu mencarikan solusi dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapinya.

Surat Indrijarso menyatakan BRIN siap untuk menfasilitasi implementasi riset yang akan dilaksakan oleh Periset BRIN. BRIN sudah menyiapkan beberapa fasilitas antara lain SDM, infrastruktur pendukung serta pendanaan yang diperlukan. Beliau juga berharap agar BRIDA Kabupaten Semarang segera terbentuk, sesuai arahan Ketua Dewan Pengarah BRIN Ibu Megawati Soekarno Putri.

Mahfudz al Huda menyampaikan profil dari Organisasi Riset Energi dan Manufaktur serta cakupan kegiatan yang mungkin bisa dikerjasamakan. Selanjutnya ditambahkan oleh Nugroho Adi Sasongko bahwa PR SPB-PDH siap melakukan kerjasama Riset dan Inovasi bersama Pemkab Semarang sesuai dengan kebutuhan untuk menjawab permasalahan  yang dihadapi oleh Masyarakat di Kabupaten Semarang.

Dalam kesempatan ini disepakati bahwa akan segera dilakukan penyusunan dokumen kerjasama riset dan inovasi dengan topik riset menyesuaikan dengan kebutuhan Kabupaten Semarang. Topik riset dan inovasi yang ditawarkan oleh BRIN akan segera dibahas bersama jajaran  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan akan ditentukan berdasarkan skala prioritas.  Sebagai  contoh adalah inovasi pengelolaan sampah, introduksi varietas padi umur genjah guna meningkatkan indeks pertanaman  yang berkelanjutan, pakan ternak dan ikan berbahan baku by produk agroindustri, serta pengelolaan lingkungan terkait dengan sedimentasi danau rawa pening.(nas/edt.aj)