PUSPIPTEK

BRIN BERSAMA KEMENDAGRI MENDAMPINGI PEMERINTAH KABUPATEN FAKFAK DALAM KEGIATAN KAJIAN ROADMAP INOVASI DAERAH BERKELANJUTAN DAN PENILAIAN DAUR HIDUP (LCA) INOVASI PRODUK PUPUK ORGANIK CAIR TERSTANDAR DI KABUPATEN FAKFAK PAPUA BARAT

BRIN melalui Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjuran dan Penilaian Daur Hidup (PR SPBPDH) mengadakan sosialisasi kajian dan pendampingan pembuatan roadmap inovasi daerah dan pengambangan pupuk cair organik di kabupaten Fakfak. Bertempat di Aula Winder Tuare Rumah Negara Kabupaten Fakfak, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan Penilaian Daur Hidup dan Standarisasi Produk Inovasi Masyarakat Kabupaten Fakfak (29-30 Agustus 2022).

Acara tersebut dibuka oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak. Turut hadir Bersama pada acara tersebut Kepala PR SPBPDH-BRIN, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kepala Bappeda dan Litbang Fakfak, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Fakfak, seluruh jajaran OPD pemkab Fakfak, Organisasi Masyarakat, Tim Percepatan Pembangunan, Kelompok Wanita dan para penyuluh di kabupaten Fakfak.

Kabupaten FakFak saat ini masuk kedalam Kelompok kategori 23 Kabupaten yang berstatus Disclaimer dalam Pengisian Aplikasi Inovasi. Oleh karena itu Bimbingan Teknis pengisian juga dilakukan dalam acara tersebut.

Pada cara tersebut, Nugroho Adi sasongko PhD IPU, Kepala PR SPBPDH-BRIN menyebutkan bahwa kajian roadmap inovasi dan standarisasi produk inovasi kabupaten fakfak perlu dilakukan melalui penilaian daur hidup (LCA) untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dalam paparannya Kepala Badan BKSDN, Dr. Eko Setytanto PP  menyampaikan bahwa roadmap inovasi daerah perlu di rencanakan dan dibuat untuk memfokuskan target pembangunan supaya dapat tercapai sesuai dengan perencanaan visi misi kabupaten Fakfak Tersenyum (Terdepan, Sejahtera, Nyaman, Unggul, dan Mandiri); Oleh karena itu kajian pembuatan roadmap inovasi juga di dampingi oleh Periset BRIN dari Pusat Riset SPBPDH Dr. Heri AP dan bimbingan teknis langsung pengisian aplikasi Inovasi oleh Isman AP staf Ahli Kebijakan Pembangunan di Kemendagri. Kegiatan sangat bermanfaat dan mendapatkan respon yang baik dari seluruh OPD kabupaten Fakfak yang melakukan langsung pengisian Aplikasi Inovasi Kabupaten Fakfak.

Sedangkan kegiatan FGD pengembangan Pupuk Cair Organik (POC) Terstandar di kabupaten Fakfak yang dibuka oleh Asisten Ahli Bupati Fakfak bertujuan untuk mengembangkan produk lokal khas kabupaten Fakfak yaitu pemanfaatan buah Pala untuk pembuatan pupuk cair organik. Beberapa tim innovator putra daerah kabupaten fakfak menghasilkan inovasi produk pupuk organik dari buah pala. Oleh karena itu mereka juga hadir memberikan diseminasi teknologi POC Pala tersebut (Paman Dabula) dan berdiskusi untuk mengembangkan produk inovasi ini menjadi produk yang terstandar dan tersertifikasi untuk di komersialisasikan sebagai produk lokal Kabupaten Fakfak.

Pendampingan untuk proses standarisasi dan sertifikasi tersebut dilakukan oleh PR.SPBPDH-BRIN yang akan membantu kegiatan pengujian dan analisis POC tersebut sebagai produk POC yang terstandar dan berkualitas. Serta dilakukan analisis penilaian daur hidup (Life cycle Assessment) pada produk POC tersebut.(nas/edt.aj)