PUSPIPTEK

COMPANY VISIT SMK NEGERI 5 JAKARTA KE KST BJ HABIBIE SERPONG

Tangerang Selatan – Sebanyak 50 orang siswa dari SMK Negeri 5 Jakarta didampingi oleh 2 orang guru berkunjung ke ke Kawasan Sains Teknologi (KST) BJ Habibie Serpong pada Rabu (28/09). Siswa-siswi yang berkunjung merupakan perwakilan dari masing-masing Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, Teknik Permesinan, Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur, Teknik Kendaraan Ringan, serta Jurusan Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif.

Para siswa-siswi dan guru pendamping dari SMK Negeri 5 Jakarta disambut oleh Koordinator Humas Kawasan Serpong I, Arti Juwita  di Auditorium Gedung Pusat Informasi. Yulia Safira, perwakilan dari SMK Negeri 5 Jakarta menyampaikan terima kasih atas sambutan dan kesempatan yang diberikan untuk berkunjung ke KST BJ Habibie Serpong.

Maksud dan tujuan dari kegiatan kunjungan yang dilakukan ke KST BJ Habibie Serpong adalah untuk menjalankan program kesiswaan, menambah silahturahmi, dan utamanya adalah menambah ilmu dan wawasan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi bagi para siswa-siswi didiknya, jelas Yulia.

Acara dilanjutkan paparan oleh Arti Juwita dengan pengenalan KST BJ Habibie.  Dalam sambutannya Arti berharap STEM (Science Technoloy Engineering Mathematics) tetap bisa diminati oleh anak-anak bangsa karena suatu saat “tongkat estafet” dari para peneliti-peneliti sekarang dapat dipindahkan kepada anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus bangsa.

Selain itu, Arti juga menambahkan bahwa ada program-program di BRIN yang dapat diikuti oleh siswa-siswi SMK, salah satunya adalah program magang, yang informasi dan tata caranya dapat diakses melalui layanan ELSA – BRIN di https://elsa.brin.go.id/.

Agenda berikutnya adalah kunjungan lapangan para siswa yag dilakukan ke fasilitas riset yang ada di KST BJ Habibie. Kunjungan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertama yang mengunjungi Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi dan kelompok kedua mengunjungi Pusat Riset Teknologi Kekuatan Struktur.

Pada penghujung acara, Eka Sri Mulyani pendamping siswa SMK Negeri 5 Jakarta yang kesehariannya mengajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) mengungkapkan, “Kami diterima dengan baik oleh BRIN disini. Mereka welcome banget terhadap kami. Sangat bermanfaat bagi anak-anak yang memang sesuai jurusan.” (ar.gp/edt.aj)