PUSPIPTEK

Coworking Space Salatiga dan Semarang sebagai Tempat  Kerja Periset BRIN di Jawa Tengah

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam  apel pagi telah menyebutkan sistem Co Working Space (CWS) dibuat karena cara kerja   Periset  (peneliti dan perekayasa)  tidak bisa kerja hanya di satu titik. Sistem itu dibuat untuk memaksimalkan kinerja peneliti sesuai dengan materi riset yang sedang dikerjakan.

Dewan Pengarah BRIN  Surat Indrijarso Msc. Ph.D    M.Sc. Ph.D  dan Kepala Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjutan Nugroho Adi Sasongko, Ph.D, IPU dalam kunjungannya ke Jawa Tengah menyempatkan melakukan kunjungan ke CWS Salatiga dan CWS  Semarang guna mellihat  kondisi langsung CWS dan berdiskusi dengan periset di kedua CWS tersebut.

Di Jawa Tengah terdapat  beberapa CWS yang telah ditetapkan oleh BRIN, diantaranya CWS  Salatiga yang  dapat  menampung 70  periset dan CWS  Semarang (122 periset). CWS Semarang merupakan CWS yang baru diresmikan tanggal 16 Nopember 2022.   Hal ini disambut baik oleh para periset di Jawa tengah karena CWS merupakan tempat kerja yang bisa digunakan oleh para periset untuk berkumpul, berdiskusi tentang pembuatan Proposal, penyusunan Publikasi /KTI yang merupakan output  utama peneliti dan berbagai kegiatan lainnya. Dijawa Tengah terdapat Peneliti dan Periset yang beragam dari beberapa  Pusat riset dan dari beberapa Organisasi Riset yang berasal dari Kementerian Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Perindustrian, Pendidikan, Agama dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.(nas/edt.aj)