PUSPIPTEK

Dalam Rangka Memotivasi Para Siswa, SMK Widya Dirgantara Bandung Melakukan Kunjungan Industri ke KST BJ Habibie

SMK Widya Dirgantara @smkwidyadirgantara_official adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang tingkat menengah atas di Cibuntu, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat.
Dalam rangka untuk mensukseskan Program Pemerintah dalam bidang Pendidikan Sistem Ganda yang berorientasikan Link and Match di Sekolah Menengah Kejuruan, SMK Widya Dirgantara melakukan Kunjungan Industri ke daerah Jakarta dan sekitarnya, yang salah satunya adalah ke KST BJ Habibie (25/11).

“Tujuan Kunjungan lndustri ini adalah siswa dan guru dapat melihat dan merasakan secara langsung aktivitas dan yang diterapkan di industri sehingga kami dapat pengalaman dan pelajaran berharga untuk dapat diimplementasikan di sekolah”, jelas Umar Faruq Iwa, selaku tenaga guru di sana. “Semoga kunjungan ini memotivasi para siswa agar lebih baik kedepannya”, tambah Umar.

Menurut Umar di SMK Widya Dirgantara ada empat jurusan antara lain Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Pemesinan (TP), Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO), dan Teknik Sepeda Motor (TSM).

Pada kegiatan kali ini, SMK Dwi Widya Dirgantara mendapat kesempatan untuk mengunjungi 2 laboratorium, yaitu Laboratorium Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi  (LT2MP) serta  Laboratorium  Teknologi Mesin Perkakas, Produksi dan Otomasi (MEPPO).

“Ada sekitar 80 siswa dengan jurusan Teknik Permesinan dan Teknik Sepeda Motor yang mengunjungi LT2MP sementara sisanya ke Lab MEPPO,” imbuh Umar.
Di LT2MP siswa-siswi SMK Widya Dirgantara disambut oleh M. Yusuf Lubis dan Anis Sukmono.  Anis menjelaskan pengujian unggulan di LT2MP yaitu uji emisi gas buang. “Uji emisi gas buang merupakan salah satu pengajuan persyaratan laik jalan Kendaraan Bermotor dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengujian tipe kendaraan bermotor” Tutur Anis menjelaskan.

Sementara itu, di Laboratorium MEPPO rombongan diterima oleh Ismail Saleh. Ismail menuturkan, “Lab MEPPO bertugas melakukan rekayasa teknologi mesin perkakas, produksi dan otomasi. Kami juga ditugasi melakukan kegiatan teknis operasional untuk penerapan dan layanan jasa teknologi mesin perkakas, produksi dan otomasi untuk industri. Lab ini dikenal menjadi sangat berdaya karena memiliki Laboratorium Mesin Perkakas, Laboratorium Teknis Produksi dan Labotorium Otomasi”.
Agenda kali ini ditutup dengan serah terima cindera mata dan foto bersama. (gp/edt.aj).