PUSPIPTEK

EDUCATION VISIT SMP ISLAM TERPADU ASY SYUKRIYYAH TANGERANG KE KST BJ HABIBIE SERPONG

Tangerang Selatan – Selasa (20/09), Meluncur dari Cipondoh Kota Tangerang, SMP Islam Terpadu Asy-Syukriyyah melaksanakan giat education visit atau kunjungan edukasi ke Kawasan Sains Teknologi (KST) BJ Habibie Serpong. Kunjungan ini diterima di Auditorium Gedung Pusat Informasi (PI) dan disambut oleh Arti Juwita selaku Koordinator Layanan Hubungan Masyarakat Kawasan Serpong I.

Perwakilan SMP Islam Terpadu Asy-Syukriyyah, Nur Chazanah (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum) memberikan sambutan dalam acara kunjungan ini. Chazanah menyampaikan terima kasih atas sambutan dan kesempatan yang diberikan oleh BRIN karena dapat melakukan kunjungan edukasi ke KST BJ Habibie dan berharap kunjungan ini dapat menambah pengetahuan para siswa khususnya dalam bidang energi ramah lingkungan. “Harapan kami, suatu saat siswa/siswi SMP IT Asy Syukriyah kembali datang di Kawasan ini bukan sebagai pelajar, namum sebagai Peneliti Muda”, demikian tambah Chzanah di sela-sela sambutannya.

Acara diawali paparan oleh Arti Juwita untuk memperkenalkan Kawasan Sains Teknologi BJ Habibie.  Terdapat 6 Organisasi Riset dan 25 Pusat Riset dengan didukung fasilitas yang lengkap dan sumber daya manusia yang mumpuni telah banyak dilahirkan inovasi di KST BJ Habibie ini.  Arti menyampaikan bahwa kegiatan Wisata Iptek yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional, dalam hal ini Biro Komunikasi Publik, Umum dan Kesekretariatan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menstimulasi minat pelajar Indonesia untuk mencintai Iptek karena pelajar saat ini adalah  penerima tongkat estafet dari para teknokrat di masa yang akan datang.

Selanjutnya, peserta kunjungan yang terdiri dari 126 siswa kelas IX dibagi menjadi 4 kelompok untuk mengunjungi Laboratorium dan Fasilitas Riset yang terdapat di KST BJ Habibie.

Kelompok I mengunjungi Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi (PR KKE), kelompok II mengunjungi Laboratorium Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (LT2MP), kelompok III  mengunjungi Laboratorium  Bioteknologi, dan kelompok IV mengunjungi sarana fasilitas pengolahan kompos. (ar,aj/edit.aj. doc. konten. ar)