PUSPIPTEK

KOLABORASI KERJA SAMA RISET EKONOMI SIRKULER BRIN-UGM DALAM SISTEM AGROINDUSTRI BERKELANJUTAN DAN PENILAIAN DAUR HIDUP PADA PRODUKSI BIJI KAKAO FERMENTASI KERING

Jumat (23/09), Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjutan dan Penilaian Daur Hidup (PR SPBPDH) BRIN melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada. Acara dilaksanakan di Operasional Room Gedung Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian, kompleks Bulaksumur UGM Yogyakarta. Acara dihadiri Dekan FTP yakni Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc., Kapus PR SPBPDH Nugroho Adi Sasongko, Ph.D. IPU dan jajaran dosen serta periset limgkup Kelompok Riset 11 (Ekonomi Sirkular dan Rekayasa Berkelanjutan dalam Sistem Agroindustri).

Dalam sambutannya, Dekan menyambut baik kerjasama ini dan berharap dapat saling meningkatkan peran dari masing-masing institusi. Nugroho selaku kepala PR SPBPDH memaparkan 13 kelompok riset yang ada dan berpeluang untuk dilakukan kerjasama riset.

Sebelumnya kerjasama telah dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Titiek F. Djaafar, MP. (Anggota Keris 11) yang melakukan riset terkait kajian keberlanjutan dan siklus hidup pada produksi biji kakao fermentasi kering mendukung industri pangan ramah lingkungan. Hal yang menjadi perhatian khususnya dalam tahun ini adalah upaya menghitung Life Cycle Assessment (LCA) pada industri kakao.

Setelah pemaparan dari kedua belah pihak acara dilanjutkan dengan penandatanganan surat perjanjian kerjasama (PKS) dan penyerahan cinderamata serta foto sesi bersama.

Selain ke FTP UGM, PR SPBPDH BRIN sebelumnya juga mengadakan desk to desk dengan Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH). Acara ini diselenggarakan di gedung Sugeng Martopo Building, PSLH-UGM Yogyakarta. Hadir dalam kesempatan ini kepala PR SPBPDH Nugroho Adi Sasongko, Ph.D. IPU., Ketua kelompok riset 11 (Dr. Tri Martini Patria, Sp., M.Si.) beserta tim. Sedangkan dari tim PSLH-UGM hadir Dr. M. Pramono Hadi, M.Sc. (Director of PSLH-UGM) beserta jajarannya, Dr. Ir. Haryoono Budi Santosa, M.Sc., moderator Dr. Wahyu Yun Santoso, S.H., M.Hum., LL.M. dan lain lain.

Dalam kesempatan ini Nugroho mengenalkan ruang lingkup riset di PR SPBPDH dan peluang kerjasama yang dapat direalisasikan. Pentingnya membangun database terkait Life Cycle Inventory (LCI) sebagai basis data (big data) nasional dalam Transformasi Digital dan Revolusi Industri 4.0 menuju 5.0 yang mendukung Satu Data Indonesia Benchmark / acuan informasi komprehensif mengenai teknologi proses dan rantai pasok (suply chain) di seluruh kegiatan industri mulai dari hulu sampai dengan hilir. Beliau juga menyinggung pentingnya menyiapkan para pelaku industri menghadapi pasar global yang mensyaratkan insdustri mencantumkan ecolabel. (hs/edt.tm,aj/desain foto.ar)