PUSPIPTEK

Kunjungan Industri Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjutan dan Penilaian Daur Hidup ke PT.INKA

Industri Kereta Api (INKA) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi sarana perkeretaapian berlokasi di Madiun, Jawa Timur. Produk PT.INKA diantaranya lokomotif, kereta penumpang, kereta berpenggerak, gerbong barang, dan kereta khusus. Selain sarana perkeretaapian PT.INKA juga mengembangkan railway air conditioning dan articulated bus. Produk PT.INKA selain memenuhi kebutuhan di dalam negeri juga diekspor ke beberapa negara tujuan diantaranya Australia, Singapura, Filipina dan Bangladesh.

Dalam rangka memperkuat daya saing produk industri, khususnya PT.INKA, serta memenuhi undangan dari Direktur Pengembangan PT.INKA Bapak Agung Sedaju, maka pada tanggal 7 Juli 2022 Kepala Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjutan dan Penilaian Daur Hidup (PR SPBPDH) Ir. Nugroho Adi Sasongko, M.Sc, Ph.D, didampingi Dr. Nadirah, M.Sc, Ismed Yanuar, B.Eng, M.Eng, dan Dr. Ir. Eko Syamsuddin Hasrito, M.Sc,  telah mengadakan kunjungan industri ke PT.INKA guna berdiskusi serta melakukan penjajakan kerjasama riset terkait dengan Sistem Produksi Berkelanjutan (Sustainable Production System) serta Penilaian Daur Hidup (Life Cycle Assessment).

Dari pihak PT.INKA hadir Bambang Sutrisno (GM Teknologi), Suparyanto (SM Tatakelola), Agus P. (Manajer K3L), serta staf bidang Teknologi, Desain, Engineering, K3LH: Kristanto, Dony Saputra, Imanuddin Majid, Taryono, Toto Isdarto dan Denna Maulana.

Sebagaimana diketahui negara tujuan ekspor PT.INKA ada yang telah menerapkan Environmental Product Declaration (EPD) untuk produk kereta penumpang melalui sertifikasi ekolabel tipe III. Pusat Riset SPBPDH yang mempunyai tugas dan fungsi melakukan riset di bidang sistem produksi berkelanjutan siap untuk membantu PT.INKA dalam meningkatkan daya saing produknya melalui sertifikasi berkelanjutan serta meningkatkan peringkat PT.INKA dalam Program PROPER yang diselenggarakan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadi ‘Peringkat Hijau’ melalui pengkajian Life Cycle Assessment produk PT.INKA.nas/aj