PUSPIPTEK

Kunjungan Industri SMK PGRI 35 Solokanjeruk-Menambah Nilai Barang Melalui Sentuhan Teknologi

Tangerang Selatan – Humas BRIN.  Pagi ini (24/1) sebanyak 130 orang siswa siswi dan guru dari SMK PGRI 35 Solokanjeruk Kabupaten Bandung berkunjung ke KST BJ Habibie dalam rangka kegiatan Kunjungan Industri. Rombongan disambut di Gedung Pusat Informasi oleh Arti Juwita, Koordinator Layanan Hubungan Masyarakat Kawasan Multi Unit Kerja Serpong I.

Dudi Firmansyah, sebagai perwakilan dari pihak sekolah, mengucapkan banyak terima kasih karena rombongan SMK PGRI 35 Solokanjeruk telah diterima dan diberi kesempatan untuk berkunjung ke KST BJ Habibie.

“Hari ini merupakan pengalaman pertama bagi kami berkunjung ke KST BJ Habibie sejak awal sekolah berdiri di Tahun 2003. Siswa siswi yang hadir merupakan siswa siswi kelas X dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer Jaringan. Maksud kedatangan kami kesini untuk belajar tentang teknologi. Semoga anak-anak pulang dari sini dapat membawa bekal yang berguna untuk pribadi maupun ada hal-hal yang dapat diceritakan kepada teman-teman yang lain,” jelas Dudi.

Arti menyampaikan profil singkat KST BJ Habibie dan menjelaskan beberapa laboratorium yang berada di KST BJ Habibie. Dalam sambutannya, Arti menekankan perlunya teknologi untuk meningkatkan nilai dan manfaat suatu barang.

“Dengan sentuhan teknologi, limbah tandan kelapa sawit yang kurang bermanfaat dapat diubah menjadi bioethanol yang lebih bermanfaat dengan harga yang lebih tinggi, tentunya. Itulah yang dinamakan value added atau nilai tambah terhadap suatu barang. Hal ini juga sekaligus memecahkan masalah terkait limbah tandan kelapa sawit,” papar Arti. “Inovasi adalah solusi bagi permasalahan yang terdapat di masyarakat” tutup Arti di akhir paparannya.

Periset dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BRIN, Nugraha Ramadhana dan Irsyad Fadhil Muhammad hadir sebagai narasumber dan akan memaparkan materi terkait Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Sebelum memasuki agenda berikutnya, rombongan melakukan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan.

Nugraha dan Irsyad menyampaikan materi berjudul Fasilitas Data Center Jaringan Informasi dan Komunikasi. Materi ini membahas tentang Data Center (DC) yang meliputi profil lembaga, sekilas tentang DC, site DC JIK-Pusdatin, site plan DC JIK-Pusdatin, dan sistem-sistem yang ada di DC, serta ketersediaan sistem. Sistem tersebut meliputi Sistem Monitoring DC, Sistem Power DC, Sistem Pendingin DC, Sistem Network dan Bandwidth, Sistem Redundant Link, Sistem Backup dan Replikasi. Penyampaian materi diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab.

Acara kunjungan siswa siswi SMK PGRI 35 Solokanjeruk ditutup dengan berkeliling di KST BJ Habibie menggunakan bus dan dipandu oleh Staf Pelaksana Fungsi Layanan Hubungan Masyarakat Kawasan Multi Unit Kerja Serpong I.(ark/ed.aj)