PUSPIPTEK

Kunjungan Wisata IPTEK SMK Farmasi Tangerang I

 

Tangerang Selatan (14-12-2021), Senin, 13 Desember 2021 Kawasan Sains Teknologi Serpong Badan Riset dan Inovasi Nasional (KST-Serpong BRIN) menerima kunjungan wisata iptek dari SMK Farmasi Tangerang I sebanyak kurang lebih 80 Orang Siswa beserta Pendamping Bapak dan Ibu Guru dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Para Siswa dan Guru SMK Farmasi Tangerang I, berkesempatan mengunjungi 2 Pusat Riset yang berada di bawah OR PPT  di Kawasan Sains Teknologi Serpong yakni Pusat Riset Teknologi Farmasi dan Medika  (PRTFM) serta Pusat Riset Bioteknologi (PRB).

Dalam kegiatan ini para siswa dan guru melihat proses alur kerja di laboratorium yang terdapat  pada kedua Pusat Riset tersebut. Melalui penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Dr. Eng Sjaikhurrizal El M., selaku Kepala Laboratorium PRTFM, Para Siswa dan Guru mengetahui apa saja yang menjadi fokus atau bahan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Riset Teknologi Farmasi dan Medika, mulai dari alat yang digunakan dalam penelitian sampai dengan hasil pengujian terhadap riset yang dilakukan antara lain efek samping yang terjadi setelah produk tersebut digunakan. “Karena pada prisipnya obat harus aman dan berkhasiat” ujar Dr. Eng Sjaikkhurrizal El M.

Peserta kunjungan juga mendapatkan informasi terkait pengujian obat apa saja yang bisa dilakukan di PRTFM termasuk pengujian obat mulai dari Jamu, OHT (Obat Herbal Terstandar) sampai dengan Fito Farmaka.

Pada kesempatan kunjungan kali ini diharapkan dapat menambah pengetahuan serta wawasan Siswa SMK Farmasi Tangerang I tentang dunia penelitian yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan di bidang riset dan teknologi khususnya di bidang farmasi sesuai dengan bidang ilmu yang digeluti siswa SMK Farmasi Tangerang I serta meningkatkan minat siswa terhadap penelitian.

(Teks/foto: Humas KST Serpong I/RDT/edt.AJ)