PUSPIPTEK

Kunjungan Wisata Iptek SMKS 2 Pembina Bangsa

Tangerang Selatan, Senin (20/06/2022) Pelajar SMKS 2 Pembina Bangsa berkesempatan mengunjungi kawasan sains teknologi Serpong didampingi oleh Kepala Sekolah, Agus Aminsyah, S.Pd., MM beserta dengan 13  guru dan tenaga pendidik lainnya.

Peserta merupakan pelajar yang duduk di bangku kelas 9 dan 10 dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Bisnis dan Sepeda Motor, Serta Tenik Komputer Jaringan yang berjumlah kurang lebih 98 siswa. Agus berharap dengan kunjungan wisata iptek ini para siswa mampu mendapatkan gambaran atau mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan budaya kerja khususnya di lingkungan periset.

Peserta kunjungan disambut baik oleh Arti Juwita S.Si., Apt selaku Koordinator Layanan Hubungan Masyarakat Serpong I di Gedung Pusat Informasi, Kawasan Sains Teknologi Serpong Badan Riset dan Inovasi Nasional. Pada kesempatan ini Arti menyampaikan profil Kawasan Sains Teknologi Serpong yang merupakan kawasan riset terbesar di Asia Tenggara serta fasilitas-fasilitas riset yang terdapat di dalamnya. Kunjungan dari SMKS 2 Pembina Bangsa ini diharapkan menjadi stimulan bagi siswa untuk tertarik pada dunia riset.

Selanjutnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan para siswa menerima materi yang diberikan oleh narasumber. Para peserta dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan berkesempatan mendapatkan materi yang diberikan oleh Bapak Dani Selaku perwakilan dari Fasilitas Data Center Jaringan Informasi dan Komunikasi PUSDATIN.

Dalam paparannya Dani menjelaskan pengertian dari data center yang merupakan ruangan yang dirancang sedemikian rupa untuk menempatkan server, computer dan perangkat jaringan yang terhubung ke jaringan Internet.

Dani juga menyampaikan “Ruangan data center tersebut harus memenuhi sayarat tertentu agar aman dan stabil dari gangguan baik secara fisik maupun logic sehingga data yang ditempatkan pada server di data center dapat selalu mudah dan cepat diakses oleh para pengguna”.

Selanjutnya dani juga menjelaskan tentang Layanan Komputasi Awan Pemerintah, Topologi Site Data Center, serta system simtem yang terdapat pada data center seperti Sistem Monitoring, Sistem Power Data Center sampai dengan Sistem Ketersediaan.

Tidak kalah menariknya, siswa dengan jurusan Teknik Kendaraan Ringan beserta dengan Teknik Bisnis dan Sepeda Motor, berkesempatan Mengunjungi Pusat Riset Termodinamika dan Motor Propulsi. Para pelajar berkesempatan melihat alur proses pengujian emisi yang dilakukan di dalam Pusat Riset tersebut.rdt,aj/edt.aj