PUSPIPTEK

Outing Class SMA Islam Al Azhar 6 Cilegon ke KST BJ Habibie

Tangerang Selatan, Rabu 23/10 2022 Ibu Retno Widiastuti Selaku Kepala Sekolah SMA Islam Al Azhar beserta bapak, ibu guru mendampingi siswa dan siswi SMA Islam Al Azhar 6 Cilegon berkunjung ke Kawasan Sains Teknologi BJ Habibie.

Sekitar 80 orang siswa dari jurusan IPA dan IPS melaksanakan Outing Class ke Kawasan Sains Teknologi BJ Habibie dengan harapan mendapatkan wawasan terkait dengan dunia periset Indonesia khususnya STEM (Sains Technology Engenering and Mathematic).

Dalam sambutannya retno berharap dengan diadakannya kegiatan outing class ke KST BJ Habibie dapat memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi SMA Al Azhar untuk mengetahui dunia riset baik untuk siswa IPA maupun IPS.

Para siswa dan pendamping diterima dengan baik di gedung Pusat Informasi KST BJ Habibie. Ibu Arti Juwita selaku Koordinator Hubungan Masyarakat Kawasan Serpong I, menyambut peserta kunjungan dengan senang hati.

Pada paparannya arti menjelaskan perkembangan KST BJ Habibie dari yang sebelumnya bernama PUSPIPTEK sampai dengan saat ini menjadi KST BJ Habibie. Dengan luas area 475 Ha yang berlokasi di 3 Wilayah, Tangerang Selatan, Tangerang Kota, dan Bogor KST BJ Habibie memilki Laboratorium yang mencukupi periset untuk melakukan riset hingga mampu menghasilkan sebuah penemuan baru di bidang IPTEK.

“Kini BRIN tidak hanya bergerak di Penelitian Tentang STEM namun ada juga penelitian tentang Sosial Humaniora dan Juga Seni”, Ujar Arti dalam paparannya.

Arti juga tidak lupa mengingatkan siswa dan siswi bahwa di tahun 2045 Indonesia akan mengalami usia emas dimana pada saat itu, siswa dan siswi sekarang lah Generasi Emas yang akan melanjutkan tongkat estafet keberlangsungan negara Indonesia.

Harapanya para siswa dan siswi mampu menjadi teknokrat untuk bangsa indonesia. Memeliki kecerdasan yang komprehensif, yakni produktif serta inovatif sehingga mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada di Indonesia dengan optimal sehingga memilki daya saing yang tinggi.

“lima sampai enam tahun lagi kami berharap akan bertemu dengan adik adik siswa dan siswi ini bukan lagi sebagai pengunjung namun sebagai kolega kami, sebagai periset di Indonesia” tutur arti dalam akhir sambutannya.

Agenda hari ini ditutup dengan kunjungan lapangan siswa dan siswi Islam Al Azhar beserta guru pendamping ke Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi, Laboratorium Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi serta Laboratorium Bioteknologi.rdt