PUSPIPTEK

Puteri Indonesia Banten 2022 “menembak” KST Serpong Untuk dibawa ke Ajang Final

Tangerang Selatan, Chrissy Fransisca Olivyana Rugian  yang akrab dipanggil Chrissy atau Ichi merupakan Wakil 1 Nona Tangsel 2015 yang saat ini terpilih sebagai Puteri Indonesia Banten 2022 oleh Yayasan Puteri Indonesia, yang nantinya akan mewakili Provinsi Banten di Pemilihan Puteri Indonesia 2022 tingkat nasional pada Maret mendatang. Dalam upaya Chrissy untuk menggali dan mempromosikan potensi yang terdapat di Provinsi Banten, Chrissy “menembak” Kawasan Sains dan Teknologi Serpong sebagai Kawasan Riset dan Inovasi terbesar di Asia Tenggara yang tidak dimilki provinsi lain selain Banten.

Perempuan cantik berusia 24 tahun ini telah mengenyam pendidikan  S2 MSc Biochemical Engineering, Faculty of Engineering, University College London (UCL) dan lulus dengan klasifikasi ‘Distinction dan menyelesaikan pendidikan Strata 1-nya di jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia

Kecintaan Chrissy pada bidang STEM  (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) tampak jelas dari Final design project yang diambil ketika mengambil S2 di London yaitu Proyek Perancangan Produksi Vaksin COVID-19 Berbasis Adenovirus dengan Manufaktur Automasi Modular serta kerap menjadi pembicara dengan tema STEM antara lain pada STEM Webinar – Royal Academy of Engineering di Harris Girls’ Academy East Dulwich, Inggris, dalam meningkatkan kesadaran dalam pendidikan di bidang teknik bagi siswa dari latar belakang BAME (Black, Asian, and Minority Ethnic) (2021) serta sederet prestasi lainnya baik di lingkup nasional maupun di manca negara.

Dalam pembuatan video profil, Chrissy mengambil aktivitas rsiet dan pengujian di salah satu fasilitas di KST Serpong yaitu Laboratorium Teknologi Aerodinamikas, Aeoroelastika dan Aeroakustika  (Teknologi TA3) yang memiliki memiliki fasilitas penunjang berupa Indonesia Low Speed Tunnel (ILST) , atau terowongan angin yang mempunyai 4 seksi uji, yakni external balance, sting support, industrial dan empty box. Terowongan angin ini dipakai untuk pengujian power-on.Fasilitas tambahan yang ada adalah ground board untuk simulasi take-off dan landing. Piranti lain ialah Industrial Wind Engineering Tunnel (IWET), fasilitas yang juga berbentuk terowongan untuk pengujian non-pesawat.Tidak kalah handalnya, Laboratorium ini juga dilengkapi LAGG Small Wind Tunnel (LSWT), yang merupakan terowongan angin ukuran kecil. LSWT adalah terowongan angin jenis hisap dengan sirkuit terbuka. Fasilitas ini digunakan untuk mengkalibrasi anemometer, tabung pitot dan penelitian lain. Keahlian sumber daya manusia dan piranti teknologi TA3 memampukan Laboratorium  ini melakukan kalibrasi anemometer dan kalibrasi pilot tube.

Chrissy ingin sekali dapat berkontribusi bagi masyarakat luas dengan mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari untuk meningkatkan kesadaran terhadap sains, terutama kepada generasi muda agar mereka lebih termotivasi dan mau berkecimpung di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (Science, Technology, Engineering, and Mathematics /STEM). Oleh karena Chrissy mengangkat Kawasan Sains Teknologi Serpong ke dalam video profilnya sebagai Puteri Indonesia Banten 2022 yang akan melaju ke ajang Puteri Indonesia 2022. AJ