PUSPIPTEK

Tindak Lanjuti Rencana Kerja Sama, Ka. OR Energi dan Manufaktur BRIN Terima Kunjungan NEDO

Tangerang Selatan – Humas BRIN, Pertemuan Organisasi Riset Energi & Manufaktur (OREM) BRIN dengan Tim NEDO Jepang  adalah sebagai pembahasan lanjutan dari rencana kerja sama BRIN-NEDO, yang sebelumnya telah pernah ada, tetapi harus diperbarui karena adanya peleburan K/L menjadi BRIN.  Hal tersebut disampaikan oleh Ka OREM – BRIN, Dr Haznan Abimanyu,Dipl-Ing dalam kata sambutannya pada saat kunjungan Chief Representataive NEDO Jakarta Office, Selasa 27 September 2022, ke Kawasan Sain Teknologi (KST) Serpong.

Acara ini dihadiri juga oleh Dr. Wahyu Bambang Widayatno, Kepala Pusat Riset Material Maju  mewakili Kepala Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM) dan menyampaikan paparan tentang riset-riset yang dilaksanakan di ORNM.

Chief Representatitve NEDO Jakarta Office, Yamashita Naoto didampingi oleh Arman Munaf dari NEDO Jakarta Office, memaparkan company profile NEDO.  Disampaikan bahwa NEDO adalah organisasi di bawah Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (Ministry of Economy, Trade and Industry) yang tidak melakukan penelitian tetapi memberikan dana penelitian terkait energi.  Yamashita berharap BRIN mengajukan proposal-proposal penelitian sesuai persyaratan, karena NEDO akan memberikan dana penelitian,  terutama penelitian yang berkontribusi pada Carbon Neutral.

Pada pertemuan ini juga dipaparkan riset-riset di OREM-BRIN oleh  para Kepala Pusat Riset (PR) di lingkungan OREM yaitu dari Ka. PRKKE, Ka. PRTKS, Ka. PRTPS, Ka. PR SPB&PDH.

Tanggal 30 September 2022 diagendakan pertemuan Kepala BRIN dengan Chairman NEDO untuk menindaklanjuti rencana kerja sama BRIN- NEDO. (FA/ed.WS/ft. Ayu-hms Serpong).