PUSPIPTEK

Universiti Teknologi Malaysia Jajaki Peluang Kerjasama Akademik dan Kolaborasi Riset dengan BRIN Di  KST Habibie Serpong

Tangerang Selatan – Kepala Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi (PR KKE), Dr. Cuk Supriyadi Ali Nandar ST., M.Eng. mewakili Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur (OREM) menerima kunjungan dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada Senin, 28 November 2022 bertempat di ruang rapat Gedung 625 KST Habibie-Serpong.

Dalam sambutannya, Cuk menyampaikan paparan singkat mengenai struktur Organisasi Riset Energi dan Manufaktur (OREM), pusat-pusat riset dan beberapa fasilitas riset yang berada dibawah OREM.

Kunjungan UTM diwakili oleh peneliti dari Centre of Hydrogen Energy (CHE), yaitu Prof. Dr. Aishah Abdul Jalil, Assoc. Prof. Dr. Anwar Johari, dan Prof. Madya Dr. Roshafima Rasit Ali. Mereka menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung adalah untuk memperkuat kerjasama akademik dan kolaborasi riset dengan BRIN, khususnya dalam penelitian yang berkaitan dengan ekonomi hidrogen yang mencakup produksi, penyimpanan, distribusi hidrogen, serta penelitian lain mengenai sumber energi terbarukan.

Acara kunjungan ini dihadiri oleh Kelompok Riset Sistem Fuel Cell dan Produksi Hidrogen (PR KKE – OREM) dan Kelompok Riset Material Fuel Cell dan Hidrogen (PR Material Maju – ORNM). Masing-masing dari Kelompok Riset tersebut, menyampaikan paparan singkat mengenai ruang lingkup kegiatan riset yang dilakukan.

Setelah sesi paparan dari masing-masing Kelompok Riset berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang membahas tentang peluang kolaborasi riset apa saja yang dapat dilakukan oleh UTM dan BRIN selanjutnya.

UTM mengharapkan dapat melakukan kolaborasi sebanyak mungkin dengan BRIN, terutama dari Institute of Future Energy (IFE), yaitu Centre of Hydrogen Energy (CHE), Centre of Electrical Energy Systems (CEES), dan Ocean Thermal Energy Center (OTEC).

UTM diajak mengunjungi beberapa fasilitas riset yang berada di PR KKE, seperti laboratorium fuel cell dan electric vehicle, serta laboratorium biohidrogen. ar